Selasa, 26 Juni 2012

KESALAHAN DALAM MENURUNKAN BERAT BADAN


Menurunkan berat badan kadang dilakukan dengan cara yang salah. Berikut beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat ingin menyusutkan bobot tubuh seperti ditulis ahli gizi Pramono.

1.Menghindari sarapan pagi
Ini tindakan salah besar , meniadakan makan pagi akan mengacaukan metabolisme tubuh kita gula darah yang rendah setelah lama tidak terisi makanan karena tidur menyebabkan hormon yang keluar adalah hormon yang dapat meningkatkan gula darah seperti glukagon, cortisol dan norepineprin dampaknya, ketika makan siang nafsu makan kita menjadi sangat besar sehingga kita akan lebih bersemangat untuk makan secara berlebihan dan tubuh juga semangat menyimpan lemak ke dalam tubuh kita .


2. Menghindari susu
Biasanya susu selalu dikatakan sebagai biang kegemukan padahal faktanya susu adalah sumber kalsium yang tinggi yang dapat meningkatkan termogenesis atau peningkatan tubuh anda membakar lemak sehingga lemak yang menumpuk di daerah perut dapat dikurangi. Penelitian telah berhasil membuktikan bahwa asupan kalsium yang cukup dapat menurunkan produksi hormon kortisol, meningkatkan termogenesis dampaknya dapat menurunkan berat badan.

3. Menghindari makan malam
Banyak yang berpendapat makan menyebabkan penumpukan lemak sehingga dihindari, faktanya jika kita tidak makan termasuk makan malam maka tubuh kita secara otomatis akan menurunkan kecepatan atau laju metabolismenya (basal metabolisme rate) yang berakibat tubuh menjadi efesien dalam menggunakan energi keadaan tersebut justru tidak menguntungkan bagi yang ingin menurunkan berat badan.

4. Diet sangat rendah kalorinya
Logikanya jika ingin cepat turun berat badannya maka harus makan sedikit mungkin hal itu tidak salah tetapi dampak yang ditimbulkan akan sangat merugikan kesehatan. Pemenuhan kebutuhan energi dibawah rata-rata metabolisme basal akan dapat mengganggu kesehatan kita semisal terjadinya keracunan keton akibat pembongkaran lemak tubuh yang berlebihan. Selain itu kesinambungan diet juga akan susah dipertahankan.

5. Ingin berhasil dalam waktu singkat
Harapan itu wajar yang lebih utama adalah terjaganya kesehatan kita secara optimal dan itu hanya dapat dicapai jika penurunan berat badan dilakukan dengan cara perlahan tapi pasti dan hasilnya permanen (sustained).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

budayakan berkomentar !!! komentar anda sangat berarti
WASSUP BROO